Sabtu, 21 Februari 2015

CARA CEPAT PINTAR BAHASA INGGRIS         

 
  Menguasai English Grammar
Grammar sangat diutamakan dalam Bahasa Inggris, pengertian Grammar adalah tata cara. Jadi sobat harus mengetahui tata cara bahasa inggris dalam penyusunan kata khususnya. Ada 8 kata-kata bahasa inggris yang kita susun yang disebut dengan The Eight Part Of Speech yaitu Noun (Kata Benda), Verb (Kata Kerja), Adjective (Kata Sifat), Adverb (Kata Keterangan), Pronoun (Kata Ganti), Prepostion (Kata Depan), Conjuction (Kata Sambung), Interjection (Kata Seru).
Tiap-tiap kata itu harus kita letakkan ditempatnya masing-masing, jika tidak kita akan membuat kesalahan besar dalam penyusunan kalimat. Berikut contoh kalimat yang mengandung 8 bagian. “The dog runs very fast that I can’t run after him” (Anjing itu berlari sangat cepat sehingga saya tidak bisa mengejarnya)
2.      Menguasai Tenses
Tenses merupakan bentuk-bentuk waktu dalam bahasa inggris yang terdiri atas Present, Past, Future. Present adalah bentuk waktu sekarang, terbagi menjadi 4 yaitu Simple Present, Presesnt Continuous, Present Perfect Continuous. Past adalah bentuk waktu lampau, terbagi menjadi 4 yaitu Simple Past, Past Continous, Past Perfect, Past Perfect Continuous. Future adal bentuk waktu akan datang, terbagi menjadi 8 yaitu Simple Future, Future Continuous, Future Perfect, Future Perfect Continuous, Future Past, Future Past Continuous, Future Past Perfect, Future Past Perfect Continuous. Tujuan mengusai tenses ini adalah untuk mengetahui bentuk waktu saat kita berdialog dalam bahasa inggris. Contoh: I cook fried rice every morning (Present), I cooked fried rice yesterday (Past), I will cook fried rice tomorrow (Future). Perbedaan antara Cook dan Cooked adalah saat digunakan dalam bentuk waktu, Cook (verb1) biasanya digunakan dalam bentuk Present dan Future sedangkan Cooked (verb 2) biasanya digunakan dalam bentuk Past.
3.      Menguasai Kosa Kata
Selain menguasai Grammar dan Tenses, sobat harus menguasai kosa kata pula. Tanpa menguasai kosa kata bagaimana caranya kita menggunakan Grammar dan Tenses. Cara agar dapat menguasai kosa kata adalah rajin-rajin membuka Kamus! Cara lainny agar mudah, menerjemahkan kata-kata bahasa inggris biasanya ada pada Novel bahasa inggris atau menerjemahkan Lirik Lagu Barat. Saya rasa ini bisa membantu sobat saat menerjemahkan kata-kata bahasa inggris otomatis sobat akan membuka kamus dan mencari kata-kata yang tidak tahu artinya.
4.      Bebicara
Berbicara dalam bahasa Inggris juga sangat diutamakan! Tidak hanya menguasai teori seperti yang diatas. Cara agar mudah berbicara dalam bahasa inggris adalah mengajak teman anda yang pintar berbahasa inggris dan mengajaknya berbicara. Tidak perlu sungkan-sungkan bila ada kesalahan pengucapan anda , pasti teman anda akan membantu atau memperbaiki kesalahan-kesalahan pengucapan anda. Ada baiknya lagi bila anda berkomunikasi dengan Turis Asing , anda juga bisa mengikuti logat yang dicuapkan oleh mereka, dijamin anda akan fasih berbicara dalam bahasa inggris.
5.      Mendengarkan
Mendengarkan juga sangat diutamakan! Kalau kita tidak bisa mendengarkan orang yang berbahasa inggris bagaimana caranya untuk merespon? Sudah jelas bakal tidak nyambung saat berkomunikasi. Cara mudah agar bisa mendengarkan, cobalah suruh teman anda yang bisa berbahasa inggris untuk berpidato di depan anda. Siapkan kertas dan pulpen, lalu tulislah kata-kata apa yang diucapkan oleh teman anda setelah itu koreksi, bila masih ada kesalahan bisa diperbaiki dengan menyuruh teman anda untuk mengulangi lagi berpidato, lakukanlah sampai anda berhasil. Cara lainnya dengan mendengarkan lagu barat, siapkan kertas dan pulpen. Lakukanlah hal yang sama, biar lebih mudah cobalah setting untuk memperlambat lagu. NB: bila ada setting­-an lagu di handphone anda!
6.      Bermain Game
Apakah anda ada yang hobi bermain game? Bermain game juga bisa membantu anda untuk belajar berbahasa inggris, karena bermain game tidak hanya berdampak negatif, dampak positif nya pun juga ada. Hampir sebagian besar game pasti selalu menggunakan bahasa inggris, dari sini anda bisa belajar bahasa inggris dengan cara mencari kosa kata pada saat memecahkan teka-teki atau membaca tutorial. Anda juga bisa mendengarkan karakter-karakter game yang sedang berdialog di bagian cut-scene, bila ada sub-title anda bisa mendengarkan dan mengikuti ucapan kata-kata yang diucapkan oleh karakter. Jadi manfaat dari bermain game, anda dapat belajar Menguasai Kosa Kata, Berbicara, dan Mendengarkan.
7.      Mengikuti Les Kursus
Selain belajar secara otodidak anda bisa mengikuti les kursus bahasa inggris. Di les kursus anda akan lebih banyak diajari bahasa inggris baik secara teori maupun praktek. Tempat les kursus tidak harus yang mahal, elit, atau ber-AC. Di tempat yang sederhana juga sudah bagus, intinya anda harus memiliki semangat dan minat yang kuat untuk belajar bahasa inggris. Otomatis anda akan terasa mudah untuk belajar bahasa inggris.
Dari artikel yang diatas, semoga bisa bermanfaat dan membantu anda, Mohon maaf bila ada kesalahan kata. Bagi ada yang ingin kritik dan saran bisa komentar di bawah. Sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar